HITUNG ASUPAN LEMAK ANDA

Lemak makanan

Lemak memiliki reputasi buruk yang sebagian besar tidak layak, sebagian karena lemak adalah makronutrien dengan kandungan kalori tertinggi dan beberapa jenis lemak tidak begitu baik bagi kita. Tetapi jika Anda dapat fokus untuk menghilangkan lemak jahat dari diet Anda dan menggantinya dengan lemak tak jenuh, ini adalah bagian penting dari diet sehat.
Ada tiga jenis lemak yang berbeda, lemak trans, lemak jenuh dan lemak tak jenuh.

Lemak trans

Lemak jenuh harus dihindari sebanyak mungkin karena merupakan jenis lemak terburuk bagi kesehatan Anda karena meningkatkan kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik. Diet tinggi lemak trans juga meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan risiko terkena diabetes tipe 2.

Lemak jenuh

Selama beberapa dekade, lemak jenuh telah dicap berpotensi berbahaya bagi kesehatan, tetapi dalam beberapa tahun terakhir beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa lemak jenuh dimasukkan ke dalam diet sehat. Namun, seperti yang disebutkan di atas, topik ini agak kontroversial dan untuk amannya, mungkin bijaksana untuk menjaga asupan lemak jenuh.

Lemak tak jenuh

Dikenal sebagai lemak baik, lemak jenuh harus menjadi bagian dari diet Anda untuk hidup sehat karena dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan menurunkan kolesterol Anda, di antara hal-hal lainnya. Selain itu, lemak jenuh memainkan peran penting dalam menyediakan energi bagi tubuh dan mendukung pertumbuhan sel.