Kalkulator kalori

Konten

Kalori

Berapa banyak kalori yang saya butuhkan ketika saya berolahraga? Berapa kebutuhan kalori saya untuk menurunkan berat badan dan menambah berat badan? Apakah kebutuhan kalori berbeda untuk pria dan wanita? Ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang dapat Anda jawab dengan kalkulator kami.

Kalori tidak buruk, kalori adalah sesuatu yang kita butuhkan untuk hidup dan merasa sehat, kalori adalah ukuran kandungan energi makanan. Seperti kebanyakan hal dalam hidup, moderasi adalah yang terbaik, asupan kalori yang terlalu rendah atau asupan kalori yang terlalu tinggi pada akhirnya akan menyebabkan masalah kesehatan.

Rata-rata, seorang pria membutuhkan 2500 kkal sehari untuk mempertahankan berat badan yang sehat setara dengan wanita sekitar 2000 kkal/hari. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi berapa banyak kalori yang Anda butuhkan, seperti usia, jenis kelamin, gen, berat badan dan tingkat aktivitas.

Karena satu kalori secara teknis sama dengan kalori lainnya, beberapa makanan lebih baik dan lebih padat nutrisi daripada yang lain.
Jadi, meskipun menghitung kalori bisa menguntungkan, namun sama pentingnya untuk fokus pada kualitas makanan yang Anda makan. Makanan tinggi gula seperti minuman ringan, es krim, permen atau makanan tinggi lemak jenuh seperti keju, cokelat, krim, sosis, dan daging asap adalah makanan padat kalori, juga dikenal sebagai kalori kosong, yang harus dihindari. Sebagai gantinya, cobalah untuk mencari makanan yang bergizi, seperti sayuran, buah, kacang-kacangan, kacang-kacangan, ikan atau biji-bijian.

Apa tujuan Anda?

Terlepas dari diet mana yang Anda pilih, semuanya bermuara pada konsumsi kalori Anda versus asupan kalori Anda. Dengan kata lain, Anda harus belajar menyeimbangkan makan lebih sedikit kalori daripada yang Anda bakar jika Anda ingin menurunkan berat badan atau lebih banyak kalori jika Anda ingin menambah berat badan.

Mengurangi asupan kalori Anda sekitar 500 kalori sehari biasanya setara dengan kehilangan sekitar 450 gram seminggu. Sayangnya, jarang sekali hanya lemak yang hilang saat Anda menurunkan berat badan, tetapi kombinasi lemak, air, dan jaringan tanpa lemak.

Mempertahankan berat badan

Jika Anda ingin mempertahankan berat badan, Anda perlu menyeimbangkan asupan kalori dan konsumsi kalori Anda.
Dan ingat bahwa jika Anda lebih atau kurang aktif pada hari tertentu, Anda perlu menyesuaikan asupan kalori Anda.

Mempertahankan berat badan

Bagian terpenting dari program penurunan berat badan apa pun adalah kemampuan Anda untuk mengikutinya.
Untuk mencapai defisit kalori, Anda hanya perlu mencari tahu berapa banyak kalori yang biasanya Anda konsumsi dan kemudian menguranginya.
Pengurangan dapat terjadi baik dengan membakar lebih banyak kalori melalui olahraga atau perubahan pola makan.

Terserah Anda untuk menemukan cara yang cocok untuk Anda.
Beberapa contoh yang dapat dilakukan kebanyakan orang untuk mengurangi asupan kalori mereka adalah memilih makanan yang lebih bergizi seperti umbi-umbian, buah beri, sayuran, ikan dan kacang-kacangan dan mencoba mengurangi jumlah makanan olahan yang Anda makan, minum lebih banyak air, berjalan-jalan, dan tentu saja menghindari permen, keripik, dan makanan ringan lainnya.

Penambahan berat badan & membangun otot

Untuk mencapai penambahan berat badan atau membangun otot, Anda perlu secara konsisten memasok lebih banyak kalori daripada yang dibutuhkan tubuh Anda. Tubuh Anda dapat membentuk sekitar 100-250gram otot seminggu, tergantung pada faktor-faktor seperti gen, usia, jenis kelamin, dan diet. Jadi, jika surplus kalori Anda terlalu tinggi dalam upaya membangun lebih banyak otot, ada risiko Anda malah akan menambah lemak.

Ingat, seiring berjalannya waktu dan Anda berharap berhasil dalam penambahan berat badan Anda, Anda tentu saja perlu meningkatkan asupan kalori Anda untuk melanjutkan penambahan berat badan Anda.

Menghitung kalori

Ada banyak orang yang dapat mempertahankan berat badan yang sehat tanpa pernah menghitung kalori, tetapi bagi banyak orang lainnya, hal ini dapat menjadi alat penting ketika mencoba mencapai tujuan berat badan mereka, apakah itu untuk menambah atau menurunkan berat badan. Langkah pertama dalam mempelajari cara menghitung kalori adalah mencari tahu asupan kalori yang Anda rekomendasikan (gunakan kalkulator kalori).

Setelah Anda tahu berapa banyak kalori yang Anda butuhkan per hari, sekarang saatnya untuk mulai menghitung kalori dalam semua makanan yang Anda konsumsi. Ide yang bagus mungkin adalah menemukan aplikasi yang dapat membantu Anda dalam hal ini.