Kalkulator ovulasi

Bagaimana cara menghitung ovulasi?

Anda dapat menghitung secara kasar kapan ovulasi Anda berikutnya akan terjadi berdasarkan hari pertama periode terakhir Anda dan total panjang siklus menstruasi Anda. Bagi kebanyakan wanita, ovulasi biasanya terjadi 14 hari sebelum periode berikutnya.
Siklus wanita dikendalikan oleh hormon dan biasanya berlangsung selama 25 hingga 32 hari.
Anda dapat hamil sekitar enam hari dalam setiap siklus, lima hari sebelum ovulasi Anda karena sperma dapat bertahan begitu lama di dalam rahim menunggu sel telur datang dan hari Anda berovulasi.

Silakan gunakan kalender ovulasi kami di atas untuk melihat hari-hari subur Anda.

Kapan kesempatan terbaik untuk pembuahan?

Untuk hamil, Anda harus melakukan hubungan seks tanpa kondom pada hari-hari sebelum dan pada hari ovulasi Anda karena sel telur hanya subur hingga 24 jam. Ketika sel telur terlepas, ia ditangkap oleh tuba falopi dan bergerak turun ke rahim. Selama migrasi ini, sel telur dapat dibuahi oleh sperma. Sel telur subur selama setengah hari sampai satu hari. Jika sel telur tidak dibuahi, ia hidup sekitar satu hari.

Jika anda tidak yakin kapan tepatnya anda berovulasi, mungkin lebih bijaksana untuk melakukan hubungan seks setiap dua sampai tiga hari sepanjang siklus menstruasi anda daripada mencoba untuk menentukan hari ovulasi yang tepat dan anda memaksimalkan kemungkinan anda melakukan hubungan seks tepat pada hari ovulasi.
Anda tidak perlu berhubungan seks setiap hari karena sperma dapat bertahan di dalam rahim selama beberapa hari.

Tanda-tanda bahwa anda sedang berovulasi

Ovulasi dan menstruasi saling berkaitan, tetapi anda dapat mengalami menstruasi tanpa berovulasi pada minggu-minggu sebelumnya. Agar sel telur dapat dilepaskan, harus ada kadar hormon estrogen yang cukup tinggi dalam darah. Ovulasi seringkali lebih jarang terjadi ketika seorang wanita berusia 40-an.

Ovulasi dirasakan dan diketahui melalui tanda dan gejala seperti rasa sakit dan ketidaknyamanan di perut bagian bawah, mereka mungkin juga mengeluarkan cairan bening dan wanita mungkin mengalami sedikit perubahan suhu tubuh. Beberapa wanita mengatakan bahwa mereka dapat merasakan ovulasi mereka. Yang lainnya tidak merasakan tanda-tanda sama sekali bahwa sudah waktunya untuk berovulasi.