Kalkulator BMI

Apa itu BMI?

Indeks Massa Tubuh (BMI) adalah ukuran yang terutama digunakan untuk mendefinisikan kelebihan berat badan dan obesitas, menggunakan hubungan antara berat badan dan tinggi badan untuk mengklasifikasikan Anda ke dalam suatu kelompok (lihat di bawah).

Kisaran BMI

BMI Kategori
< 15 Sangat sangat kurus
15 - 16 Sangat Kurang Berat Badan
16 - 18.5 Berat badan kurang
18.5 - 25 Normal (berat badan sehat)
25- 30 Kegemukan
30 - 35 Obesitas kelas I (obesitas ringan)
35 - 40 Obesitas kelas II (obesitas berat)
> 40 Obesitas kelas III (obesitas sangat parah)

BMI dan keandalannya

BMI tidak memperhitungkan faktor individu ketika menghitung BMI Anda, argumen yang paling umum terhadap rumus ini adalah bahwa rumus ini tidak membedakan antara otot dan lemak.

Otot memiliki kepadatan yang jauh lebih tinggi daripada lemak, sehingga orang yang sangat berotot seperti atlet angkat besi dan atlet bisa berada pada berat badan yang sehat meskipun BMI menunjukkan obesitas.

Jika Anda menginginkan jawaban yang lebih dapat diandalkan tentang berat badan Anda, kami menyarankan Anda untuk menemui dokter karena mereka kemungkinan besar akan membuat penilaian yang lebih individual.

Perhitungan BMI

BMI adalah rumus matematika yang membagi tinggi badan seseorang dengan panjang kuadrat tubuh mereka dalam meter (kg/m2) untuk mendapatkan angka BMI.
BMI yang normal adalah antara 18,5 dan 25. Ini menunjukkan bahwa orang tersebut berada dalam kisaran berat badan normal untuk tinggi badan mereka.